SEPUTAR TEKNOLOGI

Pusatnya Informasi Komputer Masa Kini

Cara Melihat Kesalahan Pesan Error pada Formula MS Office Excel

Cara Melihat Kesalahan Pesan Error pada Formula MS Office Excel - Seringkali kita jumpai dalam penulisan formula pada microsoft excel jika mengandung kesalahan maka biasanya akan muncul tanda error/ada tanda segitiga berwarna hijau pada bagian kiri atas cell. Kemudian Anda dapat menggunakan tanda tersebut untuk mencari kesalahan apa yang terjadi pada formula tersebut.
Contoh datanya dapat Anda lihat pada gambar berikut yang saya beri tanda kotak merah :


Untuk mengetahui pesan kesalahannya klik cell tersebut hingga muncul gambar tanda seru dan jika Anda geser lalu Anda klik tanda tersebut maka akan ada pesan yang menjelaskan kesalahan apa sebenarnya yang terjadi pada data tersebut.

Jika Anda merasa error tersebut tidak terlalu mengganggu kondisi anda, maka anda dapat mengabaikan error tersebut dengan memilih Ignore Error. Anda dapat memilih solusi error dari menu yang muncul tersebut. Jika Anda ingin pesan error tersebut tidak akan pernah muncul dan anda merasa terganggu, maka Anda dapat juga menonaktifkan pesan tersebut.

Berikut Langkah-langkahnya :
  1. Pertama klik File lalu klik Options (pada versi Excel 2007 klik Office Button lalu klik Excel Options)
  2. Setelah muncul jendela Excel Options dan pada menu Formulas pada menu Error Checking hilangkan tanda ceklist Enable Background Error Cecking lalu OK.
  3. Maka tanda segitiga yang berwarna hijau akan hilang dan tidak akan tampil lagi pada formula yang dianggap Excel mengandung kesalahan. Seperti gambar dibawah ini.

Nah cukup mudah kan....
sekian sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca.
1 Komentar untuk "Cara Melihat Kesalahan Pesan Error pada Formula MS Office Excel"

Masalahnya adalah ketika Cell tersebut di kalkulasikan dengan rumus sumifs dilain sheet datanya tidak muncul

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info