SEPUTAR TEKNOLOGI

Pusatnya Informasi Komputer Masa Kini

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 7

Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 7 - Sistem operasi windows 7 merupakan salah satu versi sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft corporation dan seiring dengan perkembangannya hingga saat ini pihak microsoft sudah merilis versi sistem operasinya yang terbaru yaitu windows 8.1. Tetapi menurut pendapat saya pengguna windows 7 masih lebih banyak ketimbang pengguna windows 8. Fitur update otomatis pada windows 7 merupakan salah satu fitur default pada sistem operasi windows 7 yang disediakan oleh pihak microsoft untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan update ketika ada fitur-fitur baru yang telah diperbaharui pada versi windows 7 tersebut. Fitur update otomatis pada windows 7 ini pada kondisi pengaturan default ketika komputer dijalankan maka sistem servisnya akan langsung aktif tanpa ada perintah dari user dan jika komputer sudah terkoneksi dengan internet, sistem servis update otomatis ini akan melakukan pengecekan fitur-fitur baru untuk windows 7 yang kita gunakan. Mungkin bagi Anda yang menggunakan lisensi resmi windows 7 yang Anda beli tidak akan terlalu beresiko mungkin koneksi internetnya saja yang akan melambat kecepatannya tapi akan menjadi masalah jika hal ini terjadi pada komputer yang windows 7 nya belum diaktivasi. Masalah yang saya maksud disini adalah sistem operasi windows 7 pada komputer tersebut akan diblacklist oleh pihak microsoft. Salah satu tanda diblacklistnya windows 7 tersebut adalah tampilan desktopnya akan blank atau tanpa wallpaper dan di bagian sudut kanan bawah akan muncul keterangan "this copy of windows is not genuine". Untuk mengatasi hal itu, silahkan Anda baca Cara Mengatasi Windows 7 Ultimate Build 7601 Not Genuin
Bagi Anda yang mau menonaktifkan, silahkan simak secara baik-baik cara yang akan saya jelaskan di bawah ini. Berikut cara-caranya :

1. Silahkan buka control panel windows nya dengan cara klik start kemudian pilih control panel.
2. Setelah terbuka windows control panelnya, silahkan ketik update pada kotak sebelah kanan atas, Kemudian klik Turn automatic on or off.
3. Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini, klik pada panah kecil tersebut dan akan muncul berbagai pilihan

  • Install update automatically (recommended). Pilihan ini akan mengatur Windows untuk melakukan download dan menginstall update secara otomatis. Jika Anda memilih pilihan ini maka update otomatis pada windows 7 akan tetap aktif.
  • Download update but let me choose whether to install them. Jika Anda memilih pilihan ini maka windows akan melakukan download update secara otomatis, namun tidak akan menginstallnya secara otomatis. Anda bisa saja melakukan pemilihan secara manual untuk menginstal update tersebut ataupun tidak.
  • Check for update but let me choose whether to download and install them. Pilihan ini akan mengatur Windows hanya memeriksa update, namun tidak mendownload dan menginstall update tersebut. Jadi Anda hanya akan mendapat notifikasi tentang update yang ada. Anda bisa mendownload ataupun menginstallnya sesuai dengan keinginan Anda.
  • Never check for update (not recommended). Pilihan ini akan mematikan atau menonaktifkan update otomatis pada windows 7 secara penuh. Windows tidak akan memeriksa update yang ada ataupun mendownload dan menginstall update tersebut. Karena maksud dan tujuan tulisan ini adalah untuk menonaktifkan update otomatis pada windows 7, jadi silahkan pilih pilihan ini.
4. Selanjutnya pada bagian Recommended Updates dan Who can Install Updates, silahkan hilangkan ceklisnya tapi menurut saya bagian itu sifatnya opsional yang penting Never check for update (not recommended) sudah dipilih. Jika sudah selesai semua pengaturannya langsung saja klik OK. Cara pertama selesai.


Silahkan praktekkan pada komputer sobat masing-masing dan semoga berhasil
0 Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows 7"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info